1. Exquisite Tweets from @stickersboy

    snydezCollected by snydez

    [THREAD]

    Mari belajar apa itu copywriting?

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Sebelum lanjut, kita harus tahu dulu beberapa istilah nih. Setidaknya ada 3 istilah yg harus diingat ya.

    1. Copy: teks yg digunakan dalam penjualan atau pemasaran, biasanya dipakai di iklan, brosur, dll. Copy juga gak selamanya berbentuk teks

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    2. Konversi: tindakan orang yang menjadi target anda, bisa berupa membeli produk, mendaftar anggota, membuat akun, mengunduh, dll. Pokoknya tergantung apa yg anda inginkan.

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    3. Copywriting: Proses/teknik menulis sebuah copy yang mampu meningkatkan konversi secara drastis.

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Nah, para penulisnya itu biasa disebut dengan copywriter. Jadi udah bisa bedain ya, kalau copywriter itu beda sama content writer atau penulis artikel, dan penulis lainnya.

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Tujuan utama copywriter itu ya supaya para pembacanya mengikuti apa yg mereka inginkan, sesuai dengan konversi yg ditentukan. Mirip sulap ya? Bukan kok hehehehehe.

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Cuma nulis doang, apa susahnya sih???

    Hehehehe banyak sih yg ngomong kayak gitu. Tapi..... melakukan penjualan itu tidak semudah menulis cerpen-cerpen galau, lho. Bisa dibilang copywriter itu salesman dalam huruf.

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Kalau teknik copywritingnya tepat, 2 produk yg sama persis bisa mendapatkan respon yg jaaauuuuuuuhhh berbeda juga.

    Makanya skill copywriting itu sangat dibutuhkan daaaannn bukan sembarang penulis yg bisa melakukan tugas ini.

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Nah, setelah udah kenalan sama copywriting, pasti pengen tahu dong gimana sih penduan buat melakukan teknik copywriting? Sabar-sabar, kita bakal kupas semuanya kok.

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Kalau di antara kalian ada yg tertarik dengan dunia copywriting, atau ingin menjadi seorang copywriter, yg paling pertama harus kalian lakukan itu adalah memiliki POLA PIKIR SEORANG COPYWRITER.

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Banyak sih yg nawarin template2 copywriting gitu, apalagi buat para pemula. Saya pribadi sih akan bilang JANGAN. Template cuma akan bikin kalian jadi kaku, bisa kedaluwarsa juga. Beda kalau kalian memiliki MINDSET COPYWRITER.

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Copywriter itu bukan (cuma) penulis

    Zaman dulu itu, media pemasaran cuma melalui tulisan, makanya ada 'embel-embel' "writing".
    Kalau sekarang, media iklan itu ada yg bentuknya gambar, video, dan audio. Nah, copywriter juga harus bisa membuat konsep gambar dan skrip dalam video.

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Tapi tau gak? Sebenarnya copywriter itu harus mendalami psikologi manusia juga, lho. Karena tujuan copywriter itu adalah membuat tulisan yg mampu meningkatkan konversi, artinya si copywriter itu harus masuk ke otak para targetnya. Mempelajari apa yg bisa diterima oleh targetnya.

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Gak ada yg peduli pada anda

    Kebanyakan manusia itu egois, gak ada yg peduli sama siapa anda, bisnis anda apa, atau sejarah perusahaan anda itu gimana. Cukup kasih informasi yg mereka (target anda) pedulikan. Kalau mereka merasa anda adalah org yg tepat, baru mereka peduli.

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Jangan menjual kepada banyak orang

    Banyak yg ingin mendapatkan banyak pembeli, jadi menargetkan ke semua kalangan, harapannya ya supaya semua bisa membeli. INI SALAH!
    Selera setiap orang berbeda, jadi gak mungkin anda bisa menjual ke semua kalangan. Solusinya? Buat buyer persona

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Kenali produk anda, kira2 siapa yg paling mungkin untuk membeli produk anda. Nah mereka itu yg akan jadi target market anda. Karena copywriter adalah sales dalam huruf, gaya bahasa tentu menjadi poin utamanya. Kenali betul2 target market anda.

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Apa jenis kelaminnya, berapa perkiraan umurnya, apa pekerjaan mereka, masalah utama yg mereka punya, dan apa solusi yg bisa kita tawarkan dari produk atau jasa yg kita punya.

    Setelah anda tahu semua itu, itulah target market anda. So, gunakan bahasa yg dekat dengan mereka.

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Jangan jadi robot!

    Pelajaran Bahasa Indonesia memang mengharuskan penggunaan EYD, menulis dengan bahasa kaku sesuai dengan kaidah dan tata bahasa.
    Menulis seperti itu memang terlihat profesional, apalagi kalau pakai istilah yg sulit dimengerti.

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Tapi di dunia nyata? Yah, anda bisa nilai sendiri, belum lagi ada bahasa campur yg skrg ngetrend. Tujuannya cuma satu, MEMPERMUDAH KOMUNIKASI.
    Jangan jadi copywriter yg kaku, karena copywriter harus menulis seakan-akan sedang berbicara langsung kepada orang lain.

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Pakai bahasa sehari-hari yg digunakan oleh target anda sesuai dengan buyer persona tadi. Bayangin mereka ini lagi curhat di depan anda soal masalah mereka. Nah anda kasih solusi dari produk atau jasa yg anda punya. Intinya kalau bisa dijelaskan dgn sederhana, jangan dipersulit.

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    So, MINDSET COPYWRITER itu:
    1. Copywriter bukan (cuma) penulis
    2. Gak ada yang peduli dengan anda
    3. Jangan menjual kepada banyak orang
    4. Jangan jadi robot

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Kalau udah punya MINDSET COPYWRITER, langkah selanjutnya itu meningkatkan efektivitas penjualan.
    Kalau untuk yg satu ini, dulu, waktu saya masih belajar, guru saya pernah kasih formula jitu soal ini. Namanya Formula AIDA

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Buat penjelasan soal Formula AIDA ini, dilanjut besok ya, capek saya wkwkwkwk.
    Pelajari aja dulu apa yg sudah saya share berdasarkan pengalaman pribadi ini. Saya sendiri juga masih belajar kok, jadi bisa sama-sama belajar kita.

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Sebelum gue lanjutin thread ini, ada beberapa yg nyinggung soal AISAS tadi. Intinya sih AISAS emang pengembangan dari AIDA, secara skrg iklan itu udah merambah ke dunia internet, kan. Gue akan nerusin soal AIDA dlu, baru lanjut ke AISAS, ya 🙏

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Oke next.
    Jadi gue pernah diajarin soal formula ketika mulai ngeblank, mau nulis apa nih???
    Nah, formula itu namanya AIDA. Attention, Interest, Desire, Action.
    Intinya konsep ini buat menarik perhatian target market, sampai melakukan action (membeli, mendaftar, dll)

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    ATTENTION

    Manusia ngedip itu kira2 tiap 4 detik. Gue pernah denger ada penelitian (kalau yg tau boleh share ya) kalau utk menarik perhatian pengunjung itu butuh waktu 8 detik atau kurang. Jadi kalau kita ga mampu dpt perhatian dalam 2 kedipan mata, ya bye.

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Artinya tuh kita harus bisa nyusun sebuah kalimat yg bisa menarik perhatian dalam 2 kedipan mata. Nah, utk itu harus perhatikan soal judul, gambar, dan kalimat pembuka.

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Caranya?
    Kita harus bisa kasih apa yg target market (sesuai buyer persona) kita itu pedulikan ttg bisnis kita, munculin solusi dari masalah utama mereka, bikin supaya mereka bilang "ih itu gue banget, kok tau sih?"

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Contohnya kayak gini:
    "Mau menurunkan berat badan 10kg dalam sehari tanpa diet ketat?"

    Nah, dalam satu kalimat pendek ini kita udah menegaskan kalo produk kita bisa melakukan itu, dan si pembaca jg ngerasa itulah masalah yg dia punya, sambil bilang, "itu gue banget."

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    INTEREST

    Setelah udah bisa menarik perhatian, skrg bikin mereka itu tertarik dengan anda. Bikin aja mereka ngerasa masalah mereka ini tuh besar banget, harus banget masalah ini tuh diselesaikan, dengan sesegera mungkin kalau bisa.

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra

    Buat memancing interest, cara paling ampuh itu nunjukin fakta + data kalau perlu, bisa juga contoh kasus, terus kondisi yg seharusnya, sama alasan2 knp produk anda itu bisa jawab masalah mereka.

    Reply Retweet Like

    stickersboy

    Nugraha Putra