1. Exquisite Tweets from @buibuksocmed

    snydezCollected by snydez

    Buibuuuuk..
    Nanti pukul 7 malem, @buibuksocmed mau sharing dan bedah salah satu koleksi #BukuParenting kita.
    Ini bukunya nih dari Ayah Edy.

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    #BukuParenting ini berjudul: "MENGAPA ANAK SAYA SUKA MELAWAN DAN SUSAH DIATUR? | 37 Kebiasaan Ortu yg Menghasilkan Perilaku Buruk pd Anak"

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    Ini @buibuksocmed bukan mau jualan buku ya.. Hahaha..
    Cuma pengen sharing #bukuparenting yang dianggap mencerahkan aja gituu..

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    Buku ini membedah 37 kebiasaan yg dilakukan oleh rata2 ortu tanpa sadar, dan ujung2nya menghasilkan perilaku buruk di anak.
    #BukuParenting

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    Ini bocoran daftar isi #BukuParenting yg ditulis psikolog anak Ayah Edy. Coba pantengin satu-satu deh.
    Ada gak tuh yg pernah kita lakukan 😁

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    Nanti kita bahas beberapa bab yg mengupas kebiasaan2 ini yaaa.. Gak mungkin semua ditweet mlm ini. Bisa lembur sampe subuh 🙈
    #BukuParenting

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    "MENGAPA BUKU INI DIBUAT?"
    Salah satunya krn banyak ortu ngeluh soal anaknya, tp GAK SADAR kl sumbernya adlh dirinya sendiri.
    #BukuParenting

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    Nih ada jg tips tentang "BAGAIMANA MENGGUNAKAN BUKU INI AGAR HASILNYA MAKSIMAL?"
    #BukuParenting ini gak cm ditujukan utk ortu, tp jg guru.

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    Jadi kalo udah baca #BukuParenting ini, disarankan untuk menandai satu demi satu yg ternyata kita lakukan ke anak kita. Ajak pasangan jg yaa

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    Ada org lain terlibat di pengasuhan anak? Misal nanny atau nenek? Disarankan ajak terlibat. Agar visi misi sealiran. ^^
    #BukuParenting

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    Tips paling penting abis baca #BukuParenting kayaknya ini deh:
    "Lakukan secara konsisten dan tegas. Jangan plin plan."

    Hahaha.
    Jleb banget.

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    Surprise!
    Ada TIPS BAGI AYAH UNTUK MENGENDALIKAN EMOSI.

    Lho buat Ibunya gak dikasih tips?
    Emang Ibu-Ibu gak bisa emosian? 😂
    #BukuParenting

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    Coba kita intip kebiasaan no.3 yg ada di daftar isi ya.
    "BANYAK MENGANCAM".
    Lho ada apa dengan banyak mengancam?
    #BukuParenting

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    Pernah ngomel gini ke anak?
    Misal:
    "JANGAN GANGGU ADEKMU! NANTI PAPA/MAMA MARAH!"
    "JANGAN NAIK KE ATAS MEJA! NANTI JATUH!"
    #BukuParenting

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    Di kepala anak, kalimat yg sifatnya melarang atau bernada perintah, dgn cara berteriak pula, akan dtangkap sbg suatu ancaman. #BukuParenting

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    Anak adalah makhluk yg sangat pandai dlm mempelajari pola orangtuanya. Dia bisa memetakan pola ortunya mendidik dia. Daan..
    #BukuParenting

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    Dan anak jg bisa membelokkan bahkan mengendalikan pola didik ortunya.
    Kalian ingat pernah begini waktu kalian kecil gak? 😁
    #BukuParenting

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    Knp anak sampai terlatih membelokkan pola didik ortunya?
    Salah satunya krn anak sering dpt ancaman, tp tanpa tindak lanjut.
    #BukuParenting

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    Atau malah jangan-jangan kita sebagai orangtua udah lupa juga tadi ngomong apa ke anak. Tadi ngancem apaan ya?
    Hahaha..
    #BukuParenting

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    JADI GIMANA SOLUSINYA DONG?
    Naah tiap bab kebiasaan di buku ini selalu ada bagian solusi kok. 🙆
    Misalnya untuk bab ini..
    #BukuParenting

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    Apa yg sebaiknya ortu lakukan?
    Kita gak perlu berteriak ke anak.
    Cara yg lebih efektif drpd berteriak: DEKATI ANAK, lalu..
    #BukuParenting

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    Dekati anak, lalu hadapkan tubuhnya ke tubuh kita. Tatap kedua matanya dengan lembut.
    Tp berikan ekspresi tidak senang.
    #BukuParenting

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    Ekspresi tidak senang ini dipertegas dgn kata2 misalnya:
    "Sayang, tolong tidak naik ke atas meja ya. Mama takut kamu jatuh."
    #BukuParenting

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    Tidak perlu ada ancaman.
    Tidak perlu teriakan.
    Dan kita bisa gunakan aturan serta konsekuensi ke anak.
    Misalnya...
    #BukuParenting

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    Tentang konsekuensi, misalnya:
    "Sayang, kl kamu ganggu adikmu, mainan yg paling kamu suka akan Mama simpan. Kamu tdk bisa.."
    #BukuParenting

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    "...Kamu gak bisa main dgn mainanmu yg itu, sampai kamu bisa ajak adikmu bermain bersama."
    Lalu tepati dgn tindakan nyata.
    #BukuParenting

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED

    Yak. Sampai di sini, ada yang merasa jleb banget gak?
    🙈🙈

    Ini yg lagi ngetwit jg makjleb banget rasanya..
    🙈🙈

    #BukuParenting

    Reply Retweet Like

    buibuksocmed

    BUIBUK SOCMED