1. Exquisite Tweets from @GiaPratamaMD

    snydezCollected by snydez

    Waktu Koass dulu, saya stase di Rumah sakit Jiwa, RSJ itu temen2, isi ruang rawatnya orang Gilaaa semua (yaiyalah 😁). Total waktu itu ada 70 org Gila, tmn2 klo ketemu satu org gila aja di jalanan, kabur ga? Ini 70. 🀐

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Di rumah sakit itu ada Lobby besar yg di kerangkengin jeruji besi, jd mereka bebas berkeliling di dlm sana, kami koass ber7 (khususnya saya) deg2annya setengah mati utk masuk Lobby itu

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Setelah masuk, ya ternyata ga seserem yg saya bayangkan, malah saya bilang, mereka itu lucu-lucuu bgt πŸ˜…, ada yg muter2 keliling tiang, ada yg berdiri tegak ga bergerak sambil naikin tangan kanannya, trus pas ditanya lg ngapain dia bilang,"lagi jadi Lampu dok!"

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Ada yg punya temen bayangan, ngobrol berdua asiikk bgt, trus bilang ke saya,"Dok kenalin ini temen saya, namanya joni" sambil nunjuk kursi kosong di sebelahnya, trus saya jawab, "ooh hallo joni, apa kabar? " trus dia jawab"baik, katanya dok". Saya udh ketularan gila nih.

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Trus saya masuk kamar mandi, pas masuk WC saya kaget, ada pasien, Dia duduk sila enaak bgt dpn klosetnya. Dia bikin lidi 5 batang di iket dijadiin satu, trus ujungnya dikasih tali, talinya dia masukkan ke kloser, dia lg Mancing! Dan wajahnya serius bgt.

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Saya kan baik hati hehe, jd saya sapa dia, "Pagi, pak" dia jwb "Pagi dok" trus saya kan berempati, saya tanya "Gimana pak, Dapet Ikannya? " Dia ngelirik saya pelan2, matanya siniis bgt,trus dia bilang"Dokter nih gimana sih? Mana ada ikan di WC! "

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Trus saya yg garuk2 tembok menatap dinding dengan nanar sambil bilang, "Lha terus itu lo ngapain?? " πŸ˜–

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Suatu pagi ada pasien Gila baru, dtg ke poli dimana harus diterima oleh koass, saat itu saya yg nerima, pasien ini 'fresh' diambil dari jalanan, laki2 ga pake baju, rambut lengket acak2an, tatapan tajam. Duduk depan saya, kita hanya terpisahkan oleh meja kecil lebar 30 cm.

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Saya tanya sambil nunduk "ya, pak, ada yg bisa saya bantu? " dia tatap saya dengan tajam trus teriak "saya diutus oleh Pencipta alam semesta!! " muka saya biru nahan ketawa.

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Saya hembuskan nafas pelan2,sambil istigfar, trus saya tanya lagi pelan2 sambil menatap rambut gondrong gimbal lengket kecoklatannya,"dimana Sang Pencipta pengutusmu ini berasal? " Dia Jawab, "dari Planet Chewbacca" Biru lagi mukaku saat itu.

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Kadang saya berharap meja anamnesa pasien itu minimal semeter lebarnya, minimal jauh dari jangkauan tangan dia. Atau mungkin ada kaca transparan penghalang. Jadi saya ada kesempatan nyalain lightsaber saya. Krna saya curiga dia hamba Sith Lord.

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Pasien lain, menderita OCD(bkn diet) Obsesif Compulsif Disorder, Obsesif itu pikiran yg berulang2 dan terus menerus, Compulsif itu kita ga bisa menahan diri utk melakukan pikiran itu, Disorder itu kelainan.

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Contoh, misal temen2 keluar kosan, udh jalan jauh trus kepikiran tadi udh kunci pintu apa belum ya? Pdhl udh, nah kalian ga ketahan untuk balik lagi ke kosan untuk ngecek pintu. Dan itu kejadian berulang2.

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Pasienku ini OCDnya Mandi! Jadi pas ngobrol sama saya dia nanya, "dok, aku udh mandi blm ya? " aku jawab "ga tau" trus dia bilang, "yaudah dok aku mandi dulu ya". Aku jawab "oke". Lalu dia jalan ke kmr mandi untuk mandi.

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Setelah mandi, dia balik ketemu saya, kita ngobrol2 lagi, 15 mnt kita ngobrol, dia nanya lagi "dok, aku udh mandi blm ya" aku jawab"Lho,udah lah" dia ngomong"belum ah dok, blm saya blm mandi" trus dia berdiri dan jln lagi ke kmr mandi. Saya πŸ˜•

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Dan ini kejadian berulang2,ini pasien RSJ terwangi yg pernah saya terima. Smp saya kesel,pas dia nanya lagi "dok, saya udh mandi blm?" saya jwb "Belum!" pas dia jln ke blkng,saya lgs videoin pake hape saya. Saya ikutin sampe dia nutup pintu kmr mandi. Nah skrg saya punya bukti.

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Pas dia dtg abis mandi trus ngobrol trus nanya lg udh mandi atau belum, saya berdiri pegang pundaknya dan dengan suara berat saya jawab "udh! Km udh mandi! Ini buktinya! " sambil menunjukkan Video dia di HP saya. Saya senyum penuh kemenangan

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Dia pegang HP saya, dia nonton videonya dengan sangat seksama, dari awal sampe video itu berakhir, bahkan diReplay sama dia, setelah itu dia berdiri pegang pundak saya, balikin HP saya, dan dengan wajah yg serius dia bilang "Itu kemaren kyknya dok". Trus jln ke kmr mndi.

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Di suatu pagi yang cerah di RSJ ini,saya dan tmn koass saya lg duduk bahas presentasi kasus tiba2,ada pasien yg teriak, "WOYY! Setan Lo! Udh ngerebut istri gw!! ". Dia teriaknya ke tembok. Kita berdua cekikikan aja liatnya.

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    "Main Gila lo ya sm istri gw! Gw udh anggep lo sodara sendiri!! " suaranya makin keras, dan sambil nunjuk2 tembok. Kita masih santai, karena ini tergolong biasa disini. Sampe kedengeran suara "BUAKK, DUGG,BUGG" dia berantem sama tembok.

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Dia pukulin tembok berkali2,dia tendang, dia debur2 intan, dia kasih pukulan pegasus, dia kamehameha. Udah, kita ga bisa tinggal diam, saya tmn saya dan perawat2 langsung lari untuk megangin dia, kita ber4, megangin 1 org, Kalah.

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Tiba2 ada bantuan, Happ! Kaki pasien ngamuk itu ada yg megang, Pasien RSJ juga. Bukan cuma megang, tapi meluk dengan seluruh badannya. Trus saya bilang"lho mas, mas ngapain, mas kan pasien jg". Dia jawab, "Gpp dok, saya kan udh mau sembuh 😎".

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Pasien itupun berhasil kita suntik penenang. Baru kita bernafas lega tiba2 ada yg teriak, "Dok, ada pasien kabur" yg teriak ya pasien RSJ jg. Tepatnya menyelinap kabur saat kita disibukkan nangkep pasien td, saat pintu kerangkeng kebuka dlm waktu beberapa menit.

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Kita panik, sedikit takut dan bingung, Gimana ini cara nyari ini pasien?? Gimana klo terjadi apa2 sama masyarakat sekitar, dan gimana2 lainnya. Ini kota Luas.

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Kepala perawat akhirnya bikin beberapa tim pencari yg terdiri dari beberapa Koass. Satu tim 2 org. Dia yg bikin lgs strateginya. Dia buka peta daerah sekitar. Trus lgs bagi2 tugas,"kamu cari di jalan sini ya, km tim2 di jalan sana ya" terus sampe slrh tim dpt bagian

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Dia titip pesan "jangan Gegabah! Ini org ga bisa dihadapin cuma berdua, klo tau lokasi, satu org ikutin dia, satu org lg balik kesini utk kasih tau lokasi. Siap semuanya? " kita semua teriak "Siap!! "

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Kita semua rame2 berjalan gagah sedikit slow motion menuju pintu gerbang keluar, siap dengan tujuan daerah pencarian masing2. Tiba2, di pintu keluar yg kita tuju, masuk sesosok manusia yang kita mau cari, sambil bilang tanpa berdosa "Hallo, Semuanya! πŸ˜„"

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Rasanya kita pengen ngegebukin bareng2 tu org. Trus temenku nanya, "Lo kenapa balik sih? Kan baru baru mau kita cariin!" Trus dia jawab dengan epic, "Abis bingung gw mau kemana"..

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Di Hall besar RSJ itu memang jd tempat kumpul pasien2,walaupun mereka punya kamar msng2. Pasien2 ini memiliki diagnosis yg berbeda2. Dan Gila itu bukan diagnosa. Kata ini memang klo di indonesia jd konotasi negatif yg sering dipake kata lain, spt Gila Harta, Gila kekuasaan.

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Pasien RSJ itu pasien2 yg mengalami gangguan kejiwaan, 3 besarnya adalah, kelainan Isi pikir (i.e. merasa jd presiden), gangguan Emosi (i.e extreme mood swing), Keanehan Perilaku (i.e cabut2in rambut, ngutil di mart2, ketawa2 sendiri)

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia

    Nah slh satu Pasien itu adlh Pyromania.wkt prtma kli dtng ke saya wjhnya Sumringah bgt kyk gini πŸ˜†πŸ˜ƒeuforia😍smbil bilang,"Dokk,Aku Happy bgt dok,seneng bgt hari ini" saya jd ikut seneng,"wah apa yg bikin km seneng?".dia jwb smbil tetep seneng,"Aku baru aja Bakar kamar aku dok".

    Reply Retweet Like

    GiaPratamaMD

    dr. Gia Pratama - Perikardia