1. Exquisite Tweets from @nasibaik

    snydezCollected by snydez

    Tadi siang ketemu pemuda yang luar biasa semangat bisnisnya. Kalau dari nama panggilan mah "ngga banget" karena nama panggilannya Ucin. Kerjanya juga serabutan. Makelar tanah.

    Tapi ia sempat cerita.
    "Kalo saye bang, punya duit 30 juta aja pusing. Mesti diputer kemane."

    Reply Retweet Like

    Rupa²nya ini pemuda, hasil kerja serabutan makelarin jual beli tanah bisa punya duit cash sampe 700 juta. Dan duitnya diputerin terus ke bisnis² krcil yang dia kelola dengan baik dan teliti.
    Masih bujangan anaknya. Turunan Arab Betawi, jadi logatnya medok banget.

    Reply Retweet Like

    Cerita punya duit 30 juta pusing itu latarnya karena dia gak suka duit nganggur.

    Duit nganggur bawaannya dideketin setan bang, katanya. 😅

    Makanya punya duit dikit, otak ama kaki muter keliling, nyari bisnis utk dijajaki. Kecil²an mulai dari counter pulsa, sampe agen tiket.

    Reply Retweet Like

    Salute juga dengan model pemuda spt ini. Pendidikan ga tinggi (kuliah ga kelar, keburu dagang katanya).

    Tapi etosnya bagus. Untuk nama baik misalnya, sebagai makelar dia pantang untuk main curang². Tapi juga ga mudah kompromi utk buang² duit.

    Reply Retweet Like

    Tadinya pertama ketemu melihat lagaknya (dipengaruhi logat betawi medoknya) saya iya² aja. Ga terlalu menaruh perhatian, karena saya pikir etos kerjanya juga seberangasan sepetlrti gaya bicaranya.

    Baru percaya ceritabya valid dari rekanan tuan tanah yang menggunakan jasanya.

    Reply Retweet Like

    Tuan tanah ini Arab juga. Tanahnya di Jakarta Timur banyak diolah utk jadi properti.

    Dari beliau saya dengar etos kerja si Ucin. Dan jadi tahu semuda itu, tanpa bekal pendidikan atau skill kreatif dan kerja kantoran gaya², hasil kerjanya beneran bagus utk seusia dia.

    Reply Retweet Like

    Si Ucin ini punya beberapa gerobak Mie Ayam. Diasong oleh orang² yang lebih tua dari dia dan dipekerjakan dengan sistem bagi hasil.

    Model bisnisnya keras, tapi fair. Ga makan untung besar misalnya, membiarkan yg ngasong ambil porsi sampai 70%.

    Senang dengernya.

    Reply Retweet Like

    Dan meski pemuda tanggung, tapi prinsip hidupnya sangat bagus.

    Kawannya tergila² main judi online misalnya, sampai habis²an dia biarkan jatuh. Ga banyak cingcong nasihat².

    Sudah jatuh melarat baru dia mau bantu angkat. Dijadikan pegawai di counternya.

    Reply Retweet Like

    Dalam bahasanya dia cerita, "Sama saya sih biarin aja, mau mlarat² sekalian. Sampe ludes saya liatin doang. Berantem² sama bininya saya cuma cengirin aja.

    Udah kapok, baru dah, kita angkat. Tapi pake anceman. Sekali aja kejeblus lagi, apalagi duit usaha dipake, wassalam."

    Reply Retweet Like

    Ngeliat yg kayak gini, sama seperti melihat pemuda² yang tekun bertani atau beternak.

    Ga banyak macem orientasinya pingin begini atau begitu. Apalagi politik, atau kehidupan glamour ga jelas.

    Tapi untuk menghidupi diri & orang di sekitarnya, menggerakan ekonomi, nyata kerjanya.

    Reply Retweet Like

    Dia cerita targetnya tahun ini harus punya duit 1,5 M.
    Untuk apa? Modal bisnis properti katanya.

    Bangun rumah ndompleng si Tuan Tanah (di lahan si Tuan Tanah) lalu dia pasarkan sendiri.

    Saya senang bisa bantu walau sedikit utk pemahaman pertanahan, pajak dll. Mudah² dia sukses.

    Reply Retweet Like

    Dan yang paling penting, orang kayak gini usaha dengan keringatnya sendiri.

    Ga pake ngarep pemerintah ini itu, bahkan pusing sama pemerintahan pun dia tidak. Ga masuk dalam bahasannya soal² seperti itu.

    Cuma tangan kaki, Umi dan Alloh katanya yang dia punya.
    Keren kan?

    Reply Retweet Like