1. Exquisite Tweets from @tey_saja

    snydezCollected by snydez

    “Apa yg sering ada di Indonesia, tapi jarang atau gak ada di Amerika?”

    Selain gak ada penjaja makanan keliling,dan penjaja barang/jasa keliling lainnya, di AS juga jarang saya denger suara klakson kendaraan. Blm tentu sehari sekali dengernya.

    Reply Retweet Like

    tey_saja

    Terry Perdanawati

    Di Indonesia, kadang saya pikir org memilih utk bunyiin klakson daripada ngerem. Misalnya dari jauh lihat org mau nyebrang, bukannya ngerem tapi malah bunyiin klakson. Udah berisik, yg mau nyebrang jd takut deh. Pejalan kaki berada di kasta paling rendah jdnya.

    Reply Retweet Like

    tey_saja

    Terry Perdanawati

    Tp ya, ini gak selalu salah pengemudi kendaraan juga lho! Kadang penyebrang jln di Indonesia jg sembarangan, nyebrangnya tdk di zebra cross. Asal nyebrang dan melambaikan tangan. Dia pikir tangannya sakti kali yak? 😅😅

    Reply Retweet Like

    tey_saja

    Terry Perdanawati

    Klakson jg kerap mewarnai kemacetan jln raya di Indonesia. Jd makin ga enak keadaaanya, udah macet, berisik suara klakson pula. Mbok ya woles, wong udah tahu macet.

    Terus jg di Indonesia, kadang rambu lalu-lintas masih merah di angka 3 udah diklakson suruh jln. Gile lu ndro!

    Reply Retweet Like

    tey_saja

    Terry Perdanawati

    Ini bukan berarti di AS gak bunyi klakson sama sekali ya, dan bukan berarti di sini gak ada org ngawur. Ya ada juga, tapi gak banyak. Di mana-mana tetap ada orang bertindak semaunya sendiri, tp di sini jumlahnya jauh lebih sedikit. Di Korsel jg sama keadannya. Minim klakson.

    Reply Retweet Like

    tey_saja

    Terry Perdanawati

    Klakson doank apa pentingnya? Mnrtku, bunyi klakson yg sering tuh bikin stres. Jd jarang denger bunyi klakson bikin lebih rileks di jalan dan gak bikin telinga gampang lelah.

    Penjelasan ilmiahnya sih @jay_afrisando yg lebih tahu. Ada hubungannya sama frekuensi bunyi dll gitu.

    Reply Retweet Like

    tey_saja

    Terry Perdanawati

    Kesimpulannya, kita bs belajar nih dr AS dan Korsel urusan mengurangi bunyi klakson demi mengurangi polusi suara dan stres, sehingga kualitas hidup jd meningkat.

    Klo kamu berkendara, ingat bahwa di kendaraanmu ada rem juga. Jg gak selalu klakson yg diandalin ye kan?

    Reply Retweet Like

    tey_saja

    Terry Perdanawati

    Klo macet, atau di perempatan ada yg lambat jalannya, woles aja jgn buru-buru nglakson. Blm tentu jd lancar, dan blm tentu bikin kamu lebih cepet. Bikin lebih berisik dan stres sih iya.

    Dan kalau kamu jd pejalan kaki, jgn asal nyebrang jg ya. Nyebrangnya di zebra cross.

    Reply Retweet Like

    tey_saja

    Terry Perdanawati

    Hal-hal kayak gini tuh hrs diperbaiki bareng-bareng. Biar kita bisa menikmati hasilnya bareng-bareng jg.

    Ya memang mgkn berubah itu sulit ya? Tapi bukan berarti tdk mungkin. Aku yakin kita pasti mampu, tapi masalahnya apakah kita mau?

    Mesti ditanyain ke diri masing2 sih.

    Reply Retweet Like

    tey_saja

    Terry Perdanawati

    Kita mau berbenah dan berubah atau cukup begini aja dan punah dalam keadaan pasrah?

    Terserah aja sih. Tapi kalau jadi anak muda tapi gak mau berbenah itu rugi. Mosok selevel aja sama mamak-mamak dasteran bawa Mio gak pakai helm? Mosok sih? Gak kan ya? 😉

    Reply Retweet Like

    tey_saja

    Terry Perdanawati