1. Exquisite Tweets from @piokharisma, @__d2t, @arieoz, @dbrahmantyo, @DanangBahri, @blanthik_ayu, @willdahamid

    snydezCollected by snydez

    Adik gue kelas 3 SMK, hari selasa akan ujian akhir (bukan UN) dg mata pelajaran Sejarah dan Fisika. Padahal, sejak kelas 2 mata pelajaran itu sudah tidak diajarkan di kelas.

    Di sini ada yg kerja di kemendikbud ga, yang bisa menjelaskan kenapa bisa seperti itu?

    Reply Retweet Like

    piokharisma

    Pio Kharismayongha

  2. Jurusan apa mas sekolahnya? Trs sekolahnya pakai kurikulum apa? K13 apa msh KTSP?

    Reply Retweet Like

    __d2t

    🐒

  3. @d2t___ SMK jurusan TKJ. Kata gurunya sih K13

    Reply Retweet Like

    piokharisma

    Pio Kharismayongha

  4. Ujiannya USBN bukan? Kalo K13 tiap tahun itu memang beda pelajarannya mas. Misal pas kelas 2 ada pelajarannya pas kelas 3 gak ada. Nah tp mau gak mau pas ujian akhir harus diujikan semua.

    Reply Retweet Like

    __d2t

    🐒

  5. @d2t___ Iya betul USBN. Kebijakan yang membingungkan. Fisika bukan mata ujian yang bs mudah dipelajari bagi semua siswa, sudah tidak diajarkan tapi tetap diujikan sementara guru terkesan lepas tangan, dalam artian "yg penting udah kami infokan, bisa ga bisa ya urusan masing2 anak." Sad.

    Reply Retweet Like

    piokharisma

    Pio Kharismayongha

  6. Lebih sedihnya lagi nilai itu yang nanti tertera di Ijazah mas :") makanya kenapa harus diujikan semua. Lalu uji kompetensinya masih UKK atau sudah sertifikasi LSP adiknya mas?

    Reply Retweet Like

    __d2t

    🐒

  7. Sejak 2015 UN sdh tdk menentukan kelulusan (PP 13/2015). Syarat peserta didik lulus dari satuan pendidikan sebagaimana pasal 19 Permendikbud 4/2018.
    USBN digunakan unt mengukur capaian pembelajaran sepanjang 3 tahun di sekolah. Yang membuat soalnya para guru SMK+25% soal jangkar

    Reply Retweet Like

    dbrahmantyo

    danasmoro brahmantyo

    SMK kita menganut dual system; siswa dpt pendidikan di sekolah dan industri. Makanya selain USBN juga ada UKK untuk mengukur tingkat keterampilan sesuai bidangnya. Terkait mapel Fisika, itu adlh mapel wajib bagi TKJ.

    Reply Retweet Like

    dbrahmantyo

    danasmoro brahmantyo

  8. @d2t___ Jika sifatnya wajib, kenapa hanya diajarkan di kelas 1 saja ya?

    Reply Retweet Like

    piokharisma

    Pio Kharismayongha

  9. Dlm struktur K13 revisi 2017, beberapa mapel memang hanya diberikan di kelas X. seperti Sejarah Indonesia, seni budaya, fisika (TKJ). Namun dalam USBN kelas XII tetap ada mapel tersebut. Dan USBN adalah penentu kelulusan bukan UNBK.

    Reply Retweet Like

    DanangBahri

    Danang Pradana

    Ini untuk SMK, jadi seperti Sejarah Indonesia di kelas X ada 3 jam pembelajaran (sebelumnya 2 jam) tp dgn komposisi materi yang hampir sama. Jadi materi 3 tahun diringkas hanya dalam satu tahun.

    Reply Retweet Like

    DanangBahri

    Danang Pradana

  10. nah bener ini, aneh emang
    anak ku jg smk, dan udah UN kmrn, kasusnya sama...pas US (ujian sekolah) utk mata pelajaran Fisika cuma diajarin pas kelas 10, kelas 11-12 nggak diajarin fisika ...pas mau US aja di review bbrp kali pertemuan aja 🙈 skrg tinggal nunggu ujian praktek

    Reply Retweet Like

    blanthik_ayu

    Eny Firsa 👌🏼

  11. Yg saya simpulkan dari penjelasan pak Danang berarti kondisi ini buruk, krn siswa diuji dgn materi yg sudah jeda 2 thn dr masa pembelajaran mapel yg pernah dikasih, terlebih USBN ini menentukan kelulusan :((
    Benar begitu pak?

    Reply Retweet Like

    willdahamid

    Wilda Hamid

  12. Kalau sesuai yang sy rasakan seperti itu. Semoga kedepan ada evaluasi dan perbaikan lagi.

    Reply Retweet Like

    DanangBahri

    Danang Pradana