1. Exquisite Tweets from @rasjawa, @oeseptian, @nugi1209, @mtaufikx, @kangderu, @kanuhate, @gandhiansyari, @verdhico, @threadreaderapp, @masinusina, @endro1908, @Toejoehkeliling, @xyzhill, @klorofiq

    snydezCollected by snydez

    Lagi duduk minum kopi di sebuah warkop kecil, dan ngobrol seseorang yg ternyata sama parkir yang menguasai beberapa lapak parkir di pinggir jalanan sekitar 2 kampus di Bandung. Ceritanya seru, dan membuat saya tercengang, bahwa ada usaha yg begitu mudah mengeruk duit.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    sebelum lanjut ceritanya, tolong kita samakan persepsi dulu, kalo lapak parkir yg bakal kita bahas ini bener2 lapak parkir pinggir jalan, di badan jalan, di samping trotoar, bukan parkir ala Sun Parkir, atau Metro Parking yg pake mesin, gate, karcis dan penjaga.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    Ini pure lapak parkir "liar". Kenapa saya pakai kutip di kata liar? Nanti akan jelas alasannya di thread saya ini.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    Jadi pas tadi malem saya pulang kantor, hujan mulai turun di Bandung, dan berhubung saya naik motor dan lupa bawa jas hujan, akhirnya melipirlah saya ke warung kopi (yang kebetulan langganan) di daerah simpang Dago. Sambil nunggu hujan reda memang paling enak ngopi Arabica, yes?

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    Ketika saya tengah menikmati secangkir kopi hasil V60 sang barista amatiran di warung kopi itu yg sebenernya gak enak2 amat, masuklah seorang bapak dgn baju basah karena kehujanan. Tampangnya kayak dosen2 di ITB. Pakaian rapih, pake jaket ala Pak Jokowi, bawa tas, dan berkacamata

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    perawakannya kurus tinggi, muka bersih putih terawat dan berumur sekitar 50an. Beliau langsung duduk di depan saya, karena memang meja di warung itu cuma 2, dan meja satunya diisi cowok & cewek yg tampaknya baru aja pacaran, karena si cowok gak berenti2 ngegombalin si cewek.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    Begitu duduk di depan saya, dia langsung pesen kopi latte ke sang Barista. Dan tampaknya si Barista, sebut saja si Ben (ben cepet, saya gak tau namanya), sudah mengenal si Bapak itu dengan baik. "Malem Pak Jon, wah habis ujan2an nih?", begitu sapa si Ben pada si Bapak itu.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    "Wah langganan lama di sini Pak?" Tanya saya dengan niat basa tanpa basi. "Yah hampir tiap malem lah pulang kerja saya mampir sini dulu dek". Alhamdulillah saya disebut adek. Berarti dia pikir umur saya masih 20an. Yes?

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    "Baru pulang kerja pak?" tanya saya melanjutkan basa tanpa basi tadi. "Iya dek, baru banget selesai jam 7 tadi. (maksudnya jam 7 malem). "Dosen ya Pak?" tanya saya sambil setengah menebak, sambil melirik tas besar ala dosen dan tas laptop yang dia simpan di bangku sebelahnya.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    "Betul dek, saya dosen" jawab bapak itu sambil tertawa. "Di mana pak? ITB? Unpad?" Tanya saya lebih lanjut. "Di ITB dan Unisba, dek. Dua universitas saya pegang" jawab si Bapak tadi sambil tertawa dan menyalakan rokok yg keliatan seperti cigarilos.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    "Wah hebat pak, dosen di 2 PT sekaligus" jurusan apa Pak?" Tanya saya lagi sambil mengingat2 jurusan apa di ITB dan di Unisba yg sama. Si Bapak tadi malah tertawa.

    "Jurusan parkir, dek". Saya insinyur Teknik Perpakiran" jawab dia sambil tertawa. Dan si Ben barista ikut tertawa.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    "Ah yang bener, Pak? Becanda aja ah si Bapak" jawab saya gak percaya. "Lho beneran dek, tanya aja sama si Oham kalo gak percaya" jawab si Bapak tadi sambil menunjuk si Ben sang Barista. Oke, berarti nama si Ben itu aslinya si Oham. Tapi saya akan tetep nyebut Ben. Biar pendek aja

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    "Wah dosen teknik perpakiran gimana pak? Jurusan baru di ITB?" dengan polosnya saya bertanya gitu pada si Bapak. Si Bapak tertawa lagi, kemudian sambil menyeruput kopi latte nya yang baru diantarkan anak buah si Ben, dia menjawab "Saya bukan dosen dek, tapi yg markirin di ITB"

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    "Ah jangan becanda pak ah, udah malem. Mana ada tukang parkir gaya begini kayak dosen plus bawa laptop?" jawah saya sambil pasang tampang tidak percaya. Ya iyalah, masak tampang muka lapar. Gak nyambung dong sama pertanyaannya nanti.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    "Sumpah dek. Saya yang ngurus parkiran motor dan mobil di sepanjang jalan Ganesha di ITB, sama di Tamansari Bawah depan Unisba". Jawab dia sambil mengeluarkan laptop. Anjirr laptopnya Asus yg Ultra slim euy... 😭😭😭

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    "Parkiran yang di dalem kampus pak?" tanya saya lagi, masih berpikir kalo si Bapak yang bolak balik dipanggil Bang Jon sama si Ben Oham sang Barista adalah minimal pegawai di ITB dan Unisba, andai bukan dosen.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    "Wah bukaaan dek, bukan. Saya ngurus parkiran yang di luar kampus. Yang di pinggir jalan. Udah hampir 20 tahun saya yang urus perpakira di Jl. Ganesha sama Tamansari bawah." Wow, 20 tahun? Tukang Parkir senior nih!"

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    "Ya begitulah, selama 20 tahun saya udah banyak makan asam garam di jalanan Ganesha dan Taman Sari. Anak buah udah gak keitung, Gonta ganti berapa ratus kali. Ada yg pindah tempat, kerja lain, mati dikeroyok orang, dll"

    Anjir... mati dikeroyok orang??? 😱😱😱

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    "Pokoknya dunia perpakiran itu gak sesimpel narikin uang parkir recehan lecek 1000-2000 terus selesai. Ada banyak hal2 yang berkaitan dengan bisnis perpakiran ini, dan bisnis ini berhubungan dan menghidupi banyak orang".

    Oke, saya langsung inget Kang Bahar dan Kang Mus.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    "Kalo bapak yang mengurus dan punya anak buah, berarti Bapak bossnya dong?" tanya saya. Stupid question. For sure. 😪

    "Bukan boss lah, dek. Saya cuma bantu mengkoordinir aja, biar gak ada yg ribut dan mati lagi hanya gara2 rebutan lahan parkir" jawab Pak Jon.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    "Beneran sampe ada yang mati pak hanya gegara lahan parkir? Kok bisa pak?" Tanya saya lagi sambil beneran pasang tampang bingung.

    "Wah jangan ditanya dek. Lahan parkir jalanan itu lahan basah, banyak orang sangat ingin menguasai parkir di sekitar ITB dan Unisba" jawab Pak Jon.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    "Adek tau kenapa kira2 kok banyak yang minat?" tanya si Pak Jon pada saya dengan mimik serius.

    "Gak tau saya pak, saya belom pernah berkecimpung di dunia perparkiran, Pak" jawab saya.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    "Wah masak gak tau dek? Jelas duit lah yang bikin orang pada rebutan tempat parkir di ITB dan Unisba. Emang kalo bukan duit terus apa?" tanya dia balik sambil memandang saya dengan aneh. Mungkin dia mikir "Ni orang bloon amat yak?"

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

  2. Missing tweet: 1115292393593421826

  3. "Sehari, di ITB aja sekitar 600 motor yang keluar masuk parkiran, dan sekitar 50-an mobil. Belom di Unisba. Kalo satu motor aja ditarik uang parkir 5.000 flat mau sebentar mau sampe tengah malem juga, bisa adek perkirakan berapa duit yg berputar" tanya pak Jon lagi.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

  4. Parkiran, dus, limbah, sdm, akses jalan, semua ada "bagianya" lahan basah doang, jangankan warga sekirtar, ormas, aparat dan sekelas dprd pun berkecimpung. Ada yang sengaja dipelihara, ada pula yang baru muncul ingin ikut ikutan.

    Reply Retweet Like

    oeseptian

    mustofaaaa

  5. "Wah gak tau pak, pasti banyak banget ya?" tanya saya sambil pasang muka kaget. Emang kaget beneran sih.

    "Yaaa sehari di ITB aja dapetlah sekitar 600-sejuta. Tapi kan harus bagi2. Bagi2 sama anak buah di tiap lahan yang ditentukan, istilahnya "kapling".

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

  6. masuk akal. kabarnya insiden penggal di ketapang jakarta tahun 98 itu karena rebutan lahan parkir.

    Reply Retweet Like

  7. Begitu jawaban pak Jon yang bikin saya terbelalak. Anjir sampe sejuta sehari?? Busyeeet!! Nyaris tanpa modal apa2!

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    Kemudian Pak Jon melanjutkan ceritanya lagi. "Tapi kan duit segitu bener2 gak dimakan sendiri. Kita harus bagi2 sama polisi2 polda, Polwiltabes, sampe Polsek, terus sama orang2 dishub juga, dan dia juga menyebut beberapa nama lain termasuk nama beberapa ormas.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

  8. kaya di salah satu minimarket paling rame di cimahi,sehari uang parkir muter bisa sampe 1jtan & tukang parkirna dibagi 4 shift

    Reply Retweet Like

    mtaufikx

    Mohammad Taufik

  9. "Kalo kita gak bagi2 sama mereka, jangan harap usaha lapak parkiran kita langgeng. Mereka juga yg bakal membantu kalo ada apa2". Tanpa menjelaskan lebih lanjut, "apa-apa" itu apa.

    "Jadi ya kalo disebut parkiran liar ya memang liar, karena gak berbadan hukum" sambung Pak Jon.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    "Tapi ya gak sepenuhnya liar karena ada aparat2 yang merestui dan melindungi lapak parkiran kita". Kemudian Pak Jon menyebutkan angka2 harian "setoran" ke beberapa aparat. Yang jelas angkanya lumayan, lebih besar dari gaji harian pegawai saya di kantor😭😭😭

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    "Kalo gak bagi2, ya habislah kita. Akan ada orang lain yang mau berbagi dengan para aparat itu asal bisa menguasai lahan parkir kita. Jadi intinya, di bisnis parkiran jalanan, kerja sama itu penting, dan kita gak boleh pelit. Sekali pelit habislah kita" lanjut Pak Jon.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    Terus Pak Jon cerita, dari hasil parkir yg dia kelola, dia sudah berhasil menyekolahkan anak2nya yg 3 orang, 2 sarjana dari Unpad, dan 1 orang masih SMA. Punya rumah di Antapani dan Mekarwangi. Dua mobil Avanza dan 1 Innova. Semuanya di Gocar/Grab kan.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    "Wah enak ya pak ternyata usaha parkiran" jawab saya. "Ya enak gak enak. Gak butuh modal awal yg besar. Cukup modal skill, keberanian, dan diplomasi. Jangan salah dek, ilmu diplomasi itu penting kalo kita hidup di jalan. Kalo gak bisa diplomasi, repot" jawab Pak Jon lagi.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    Terus dia cerita lagi, bagaimana lahan parkir dia pernah diperebutkan antar ormas2 di Bandung. Cukup banyak pertumpahan darah dalam perebutan itu. Meski gak semua berakibat fatal. Tapi minimal ya ada tulang patah dan lubang tusukan atau tembakan. Asli serem!

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    Kemudian dia bilang, yang di Unisba (Taman Sari Bawah) sedikit di atas area parkiran ITB pendapatan nya. " Ya kali 1,5 lah dari pendapatan di lapak iTB", sambung pak Jon.

    Otak saya langsung ngitung2. Berarti sehari di Unisba dapet sekitar 900-1,5 juta, jadi total 2,5 juta sehari

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    Bener2 deh, wawasan saya terbuka. Bahwa ada usaha yg tampak begitu simpel, nyaris tanpa modal apa2, tapi bisa menghasilkan uang begitu banyak. Pendapatan saya ternyata jauuuuh banget di bawah boss parkir ini. Bener2 agak shock mendapatkan fakta seperti itu.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    Akhirnya setelah ngobrol ngalor ngidul, dan mulai menyentuh politik terutama Pilpres, saya langsung merasa sudah saatnya pamit. Paling males kalo udah bahas pilpres. Dan saya pamit sambil beranjak ke kasir untuk membayar kopi dan makanan saya.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

  10. "Udah dibayar semua Pak, sama Pak Jon, kata si mbak2 yg ada di meja kasir". Wah yang bener mbak? tanya saya, soalnya saya gak liat Pak Jon itu menghampiri kasir dari tadi, karena dia terus duduk di depan saya. "Ah pokoknya udah pak, kalem aja we lah". Oke deh.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    Saya langsung pamit ke Pak Jon, dan cepet2 pulang dengan berbagai pikiran yang memenuhi kepala saya. Betapa usaha yang saya jalani sekarang pendapatannya gak ada apa2nya dibandingkan pendapatan di dunia perparkiran pinggir jalan. Ngenes ada, sedih ada takjub ada.

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

    Di luar saya bertemu si Ben sang Barista yang ternyata bernama Oham, yang ternyata lagi cuma singkatan dari nama aslinya Mohamad. Dan si Oham ini cerita kalo warung kopi itu ternyata punya si pak Jon juga.

    Hahaha baiklah. Saya cepat2 kabur dari situ. Sambil ngenes tentunya. 😭

    Reply Retweet Like

    rasjawa

    Mas Pur Bobotoh Jebred

  11. Nggak kaget sih kang, gue pernah jualan malam, itu tukang parkir 2 tiap malam, rata² pendapatan 500-600 rb, padahal tempatnya jg ga gede ada sekitar belasan pedagang.. bagi² duitnya hasil markir di lapak gue, semalam min 1 org dapat 150 rb.

    Reply Retweet Like

    gandhiansyari

    Mezo Gerzego

  12. Depan gerbang utama itb paling kampret kang, pas parkir bayar, baliknya klo apes lg ganti shift, bayar jg

    Reply Retweet Like

    verdhico

    Verdhico Taufik

  13. Hola the unroll you asked for: Thread by @rasjawa: "Lagi duduk minum kopi di sebuah warkop kecil, dan ngobrol seseorang yg ternyata sama parkir yang menguasai beberapa lapa […]" threadreaderapp.com/thread/1115273…
    Share this if you think it's interesting. 🤖

    Reply Retweet Like

    threadreaderapp

    Thread Reader App

  14. Missing tweet: 1115305397617737733

  15. Missing tweet: 1115305808248487937

  16. Missing tweet: 1115305990226726912

  17. gede, wong gue yg jualan aja hasilnya kalah sama mereka kok yg modal bacot doang.. kiri.. kiri.. 😥😥 cuma akhirnya bubar gara²nya ngehajar pengamen yg masuk lokasi tp songong sampe babak belur.. sementara itu lahannya militer. akhirnya diusir semua ga boleh dagang lagi. 😁

    Reply Retweet Like

    gandhiansyari

    Mezo Gerzego

  18. Protected tweet: 1115385897497686016
    You might be able to see it if you sign in with Twitter.

  19. Mungkin karena kampus. parkirnya nggak cuma beberapa menit, bahkan bisa lebih dari 3 jam.
    Parkir motor nggak resmi di ITC roxy juga segitu, walaupun cuman 30 menit mintanya 5 ribu.

    Kalau parkir motor di minimarket atau ATM mintanya 5 ribu, itu baru kebangetan mahalnya.

    Reply Retweet Like

  20. Iya ya bener juga ini. Dulu pernah parkir di parkiran liar trisakti grogol, mintanya juga 4000.

    Reply Retweet Like

    masinusina

    Kiai Njengking

  21. Enak lah..!
    "No education needed"
    "Peluit, tiupan maut, kanan kiri, terus mundur, kosong, hooop".
    Dan pakaian lusuh ingin lebih joss
    Inti nya.
    Banyak yg saya kenal, mereka lebih berduit dari pegawai kantoran biasa.
    Musuh mereka oknum Pol, Dishub, & hujan panas.
    Sisa nya mantap

    Reply Retweet Like

  22. makanya nggak heran di seluruh daerah itu pemda-nya rada malas yg namanya bikin kebijakan parkir resmi. cmiiw

    Reply Retweet Like

    klorofiq

    Taufiqurakhmani