1. Exquisite Tweets from @ainunchomsun

    snydezCollected by snydez

    Protected tweet: 1123118091255205888
    You might be able to see it if you sign in with Twitter.

  2. Gara postingan ini di like sama @hermansaksono jadi nongol di timeline ku dan mengingatkan kejadian pada anakku persis kayak gini. Dan kejadiannya bukan pas TK tapi SMP. Lebih rumit, Jendral! Kenapa rumit?

    This Tweet is unavailable

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Kenapa rumit? Karena anak SMP atau ABG eksistensi itu penting, teman itu penting, ditolak dalam lingkungan sosial pergaulan itu bencana.
    Kalau diturutin emaknya gak punya modal, gak diturutin anaknya jadi minder, stress, menutup diri. Rumit kan? Lalu bagaimana penyelesaiannya?

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    mumpung lagi selow, aku mau berbagi cerita pengasuhan anak abg di gegap gempita sekolah dan pergaulan anak2 berpunya, sebagai tulang punggung keluarga dg oenghasilan secukupnya #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Jadi gini, suatu hari anakku masih kelas 6 SD tiba2 pulang ke rumah ngomong pengin masuk ke SMP Y. Aku kaget karena dari dulu kebayang pun tidak. Apa anakku mampu dg persaingannya? Apa aku mampu membiayao sekolah dan biaya sosialnya? #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Singkat cerita anakku keterima di SMP Y. Kaget dan bangga. Krn masuk sekolah itu saingannya 1100 pendaftar yg diterima sekitar 200an saja. Dan anakku gak pake bimbel2an, belajar sendiri krn keterbatasan emaknya #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Dulu sdh banyak denger cerita2 dan bikin jiper sama biaya lain-lainnya krm kegiatan sekolah itu segambreng dan kebanyakan dari keluarga mampu. Tapi aku kan sok optimis, siapa tau sudah di dalam tidak seheboh ceritanya yg biasanya banyak micin alias bumbu2nya #baladaemak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Salah satu yg membuat aku cukup tenang adl cerita dr pak satpam sekolah Y, bahwa anak satpam pun sekolah di situ. Berangkat-pulang naik ojek. Ooh legaaa.. gak semengerikan yg aku bayangkan. #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Kemudian mulailah anak perempuanku sekolah di SMP yg konon favorit. Awal-awal sudah mulai nih ada tanda-tanda yg mencemaskan. Anakku diare berhari2, tapi ternyata gak ada apa2 kata dokter anaknya stress. Beberapa kali pulang sekolah nangis. #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Jadi setiap anak pulang sekolah, Emaknya yg deg2an. Ada cerita (sendu) apalagi nih hari ini. Nulis ini sambil mbrebes mili inget perjuangan kala itu #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Berbagai "drama" tjd. Anak pulang sekolah nangis karena diolok2 sepatunya beli di taman puring. Anakku ini gak tau taman puring itu apa. dia malah bangga cerita beli sepatu di sana, murah2 haha... baru tau setelah dikatain tempat belanja sobat misquin yg pengin eksis #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Dan celakanya Emaknya ini jg gak paham merk2an. Makin lengkaplah penderitaan. Sepatu, tas, tempat pensil entah apalagi lah.. anakku seringkali pulang nangis krn dihina barang2nya yg ala kadarnya #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Penderitaan belum selesai, Malih! Anakku tidak pernah diundang ulang tahun temannya. Ya kebayanglah ya.... Teman2nya yg gaul bin eksis itu perayaan ultah di hotel.Anakku cuma menonton dr IG mereka. Emang medsos ini kampret bener dah. Bikin tugas parenting makin berat! #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Di sekolahnya ada genk cewe-cewe eksis, yg menjadi impian banyak cewe di sekolah itu untuk masuk genk tsb. Sudah pasti anakku gak termasuk. Anakku pun berteman dg anak2 yg biasa saja. Dan gak banyak temennya #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Di sekolah itu banyak banget kegiatannya. Tentu saja anakku pengin ikutan jadi ini itu. Tetapi lagi2 anakku lebih sering tidak terpilih. Berkali2 kecewa dan patah hati mimpinya berantakan. #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Pada suatu hari, dia pulang sekolah dengan muka sedih dia bilang ke ibunya, "Ibuk, i'm nothing di sekolah"
    Blaaaaaaaaar...... ambyaaaaar. Hati ibu mana yg gak hancur berkeping2 mendengarnya #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Lalu sbg ibu yg sok bijaksana aku harus gimana?
    Sempet aku ngomong, "kamu anak yg hebat nak.. kamu punya banyak kelebihan". Tau gak apa jawab anakku? #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Anakku, "ibuk gak usah deh menghibur aku. kenyataan kog. prestasi akademik ku biasa aja. aku gak pernah jadi apa2 di sekolah. aku gak hebat. jadi ibu gak perlu bohong utk nyenengin aku." aku terdiam. #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Aku berasa ditampar oleh pernyataan anakku sendiri. Aku sempat memikirkan cukup lama. Dan tentu saja dengan beruraian airmata di kamar mandi hahaahaaaaa... lalu bgmn aku menyelesaikan persoalan yg lebih rumit drpd perseteruan cebong-kampret ini? #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Aku pun memutuskan bhw apapun aku akan bicara apa adanya. aku tidak akan menghibur anakku dengan kata-kata manis. Beberapa hal aku mencoba terbuka mengenai kondisi keluarga kami termasuk soal uang #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Lalu kalau anaknya sedih gimana? Aku menjadi pendengar yg baik apapun yg diceritakan. tanpa berkomentar. aku hanya menyampaikan rasa empatiku "iya ya nak.. sedih bgt digituin" selebihnya.. aku selalu memeluk setiap hatinya patah. semakin sedih semakin lama meluknya #baladaemak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Aku mulai cerita soal keuangan & bgmn mengelolanya. Aku jujur ngomong "Ibuk gak punya uang utk beli sepatu itu, krn ada kebutuhan lain bla bla bla.." Tapi kalau memang ada uang dan memungkinkan, aku belikan. Sesekali tampilan anakku bermerk sepanjang tidak memaksakan #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Kenapa sesekali anakku aku ijinkan menggunakan yg bermerk? Ya krn aku pernah muda, Jendral! Taulah gimana rasanya. To be fair aja. Sbg ibu aku memang hrs mengusahakan kebahagiaan anak. Kuncinya jangan memaksakan diri. "Keli tapi ora ngeli" ~ hanya org Jawa yg paham 😁 #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Anakku pun belajar. Waktu dia mau sepatu Nike dia tau ibunya gak cukup uangnya. Dia mengumpulkan duit yg dikasih dr Eyang, Om, Tante, dan menyisihkan uang sakunya #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Masih gak cukup? Dia jualan susu di sekolah. Anakku beli susu dr teman kantorku (terima kasih yaaa.. temankuuu) Rp 10.000 dia jual di sekolah Rp 15.000. Laku beraaat!!!! Alhamdulillah sepatu Nike pun terbeli #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Tapi kemudian jualan susu itu hrs berhenti. Jd anakku diprotes sama penjual kantin sekolah. Aku tidak membela anakku utk tetap jualan tapi justru aku yg memintanya berhenti jualan. Kenapa? #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Aku bilang ke anakku,"nak, penjual kantin itu sewa tempat di kantin dan buat nafkah keluarga. Jadi memang mereka hrs diutamakan. Kamu jualan kan buat beli sepatu, tas dll bukan nafkah keluarga. Dan kamu gak bayar sewa." Anakku bisa paham dan mau mengerti. #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Terus anakku menyerah? Kagaaaklah! Anakku itu penggemar KPOP. Dan dia tahu barang2 serta tiket konsernya mahal. Diam2 dia buka toko di Shopee jualan merchandise KPOP. Aku baru tau bbrp bulan.Pake rekening siapa dong? Anakku punya tabungan, jd pake rekeningnya sendiri #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Semenjak dia punya toko di Shopee, pelan2 kesadarannya terbangun sendiri "betapa tidak pentingnya itu merk2an" Dia sekarang malah yg ribut kalau beli barang mahal. Dan seneng belanja di Mayestik. #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Anakku tau susahnya nyari duit hahahaaa... lain kali aku ceritakan balada anakku jadi penjual di Shopee... sekarang dia lebih hati2 pake duit. #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Walaupun dia punya tabungan sendiri. Btw tabungannya banyak looo... Dia selalu minta ijin pake uang tabungannya. #baladaEmak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu

    Dulu dia suka sedih liat IG temen2nya yg jalan2 ke luar negeri. Sekarang sih teteeeeep pengin jalan-jalan keluar negeri, tapi dia akan nanya dulu biayanya berapa dan perlu nabung berapa lama, jualanan berapa banyak di shopee #baladaemak

    Reply Retweet Like

    ainunchomsun

    di sampingmu